Bisnis Event Organizer – Meraih Keuntungan dari Kemeriahan
Di
kota-kota besar semakin menjamur para pebisnis-pebisnis Event
Organizer. Bagi yang belum tahu, Event Organizer adalah penyedia jasa
profesional penyelenggara acara dan populer disebut dengan singkatan EO.
Tujuan dari sebuah Event Organizer tentu saja adalah untuk membantu
kliennya agar bisa menyelenggarakan acara yang diinginkan tanpa harus
menjalankan sendiri.
Hal ini tentu karena pihak penyelenggara
memiliki keterbatasan sumber daya serta waktu sehingga mereka harus
menggunakan jasa EO. Tetapi saat ini kebanyakan klien beralasan bahwa
dengan menggunakan jasa EO profesional hasilnya lebih bagus dibandingkan
bila dikerjakan sendiri. Mungkin Anda tertarik dengan dunia Event
Organizer? Bisnis ini sepenuhnya menguntungkan bila dikerjakan dengan
serius dan memiliki inovasi yang membuat orang tertarik.
Jenis Event Organizer
Sebelum Anda membuka jasa penyelenggara acara sebaiknya Anda harus mengetahui berbagai jenis Event Organizer. Jasa EO umumnya dikategorikan menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah:- EO One Stop Service Agency: ini adalaha jasa EO skala besar yang layak menyelenggarakan acara kelas internasional.
- EO musik dan entertainment: EO jenis ini lebih banyak bergerak dibidang hiburan, terutama adalah musik seperti konser dan kegiatan entertainment lainnya.
- EO Wedding: EO ini cukup banyak dan tersebar dibanyak tempat, tugasnya adalah membantu acara pesta pernikahan lebih menarik dan lebih sistematis. Sekain acara pernikahan, EO semacam ini juga bisa membantu menyelenggarakan pesat ulang tahun.
- EO Brand Activation: EO ini biasanya memiliki jasa yang lebih spesifik, yakni membantu client guna mempromosikan sebuah produk dalam rangka peningkatan penjualan atau bisa juga untuk kegiatan promosi pengenalan merek. EO ini umumnya lebih sering berinteraksi langsung ke target marketnya.
- EO MICE: EO ini umumnya hanya khusus bergerak pada bidang penyelenggaraan acara berbentuk pertemuan, acara formal dan kegiatan yang berhubungan dengan pariwisata.
Bagi Anda yang masih pemula, mungkin
membuka jasa EO Wedding atau EO Musik dan Entertainment cukup pas. EO
ini lebih umum dan tidak membutuhkan banyak sekali crew, yang terpenting
adalah ide, inovasi dan memiliki fasilitas-fasilitan pendukung. Pada
intinya, reputasi bagus sebuah jasa Event Organizer dilihat dari
kesuksesan event atau acara yang dibuat. Jika EO Anda banyak meraih
kesuksesan dalam menyelenggarakan sebuah acara maka akan semakin
dipercaya oleh klien guna menangani berbagai acara lainnya.
Berikut ini adalah beberapa tips jitu dalam menjalankan bisnis Event Organizer:1. Miliki Pengalaman
Pengalaman sepertinya menjadi hal
penting untuk menjalankan bisnis Event Organizer. Jadi pada umumnya
orang-orang pemilik jasa EO kebanyakan dahulu pernah bekerja pada
perusahaan EO. Berbekal pengalaman tersebutlah dipastikan Anda akan
dapat mengetahui tata cara, prosedur mengelola suatu kegiatan, mulai
dari masalah penyusunan proposal hingga eksekusi di lapangan. Kami harus
mengatakan bahwa sulit menjalankan bisnis ini tanpa pengalaman.
2. Miliki Ide Kreatif dan Inovasi
Tentu klien tidak menginginkan acaranya
berjalan biasa-biasa saja. Untuk itulah mereka menyewa jasa EO. Sebuah
kewajiban sebuah EO adalah memiliki ide-ide kreatif dan memiliki inovasi
yang benar-benar menghadirkan daya tarik. Sebagai contoh salah satu ide
kreatif EO Wedding adalah mengadakan kegiatan-kegiatan menarik seperti
pemotongan roti besar, melempar bunga, kiss wedding dan ide-idel lain.
Jika Anda memililki ide yang lebih banyak, tentu bisa dia aplikasikan
pada acara.
3. Miliki Banyak Relasi
Sebuah perusahaan EO biasanya memiliki
banyak relasi seperti perusahaan, sekolah, maupun intstansi lain. Dengan
semakin banyaknya relasi memungkinkan semakin banyak yang menggunakan
jasa EO Anda. Jangan canggung untuk bergaul dengan orang-orang kaya,
karena pada umumnya pengguna jasa EO adalah kalangan menengah keatas.
4. Miliki Mitra Kerja
Event Organizer bisa dikatakan adalah
tim yang mengerjakan segalanya dalam acara. Perlu banyak crew dan perlu
banyak memiliki mitra kerja. Anda harus bekerja sama dengan ahli dan
pemilik sound system, tata lampu, penggung atau scafholding serta
konstruksi rigging, perlengkapan meja, kursi, partisi, karpet,
fotografer, videografer, alat musik, desainer grafis, penampil acara, MC
dan lain sebagainya. Pastikan mitra kerja Anda memiliki kualitas SDM
dan peralatan bagus karena akan berpengaruh pada reputasi jasa EO Anda.
5. Miliki Tim Solid
Memiliki crew banyak tidak menjamin
acara berhasil dan sukses. Tetapi memiliki crew banyak, tapi solid dan
professional sudah tentu akan sukses. Setiap crew harus mendapat job
description masing-masing, kemudian juga harus melaporkan progresnya
masing-masing. Ingat bahwa sukses atau tidaknya sebuah acara atau event
sangat bergantung sekali dengan kesiapan, koordinasi maupun kerjasama
antar teamwork.
6. Pemasaran Online
Strategi marketing yang harus Anda
jalankan adalah melalui internet, memanfaatkan website resmi agar lebih
bonafit. Selain itu juga bisa melalui media sosial.
0 comments:
Post a Comment